Cara Panduan

Jenis Kaca Film Yang Wajib Untuk Diketahui

Ditulis oleh kategori : Otomotif 17 Juni 2021

Jenis Kaca Film Yang Wajib Untuk Diketahui. Dalam kehadirannya seringkali di kaitkan dengan tampilan dari kendaraan. Kita akan membahas macam atau model kaca film, salah satunya kaca film mobil.

Padahal penggunaan benda tersebut bukan hanya berperan sebagai aksesoris atau pelengkap saja. Pasalnya ia juga memiliki fungsi yang beragam.

Fungsi-fungsi yang dimiliki tersebut berkaitan dengan jenis yang dimilikinya. Dengan kata lain setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda pula antara satu dengan lainnya.

Jenis – Jenis Kaca Film

Bagi Anda yang ingin tahu apa saja jenis-jenisnya. Pastikan untuk menyimak uraian penjelasan singkat berikut ini :

1. Kaca film Mobil untuk menolak panas

Jenis pertama yang seringkali digunakan oleh para pengguna kendaraan mobil adalah kaca film penolak panas. Jenis kaca yang satu ini juga dikenal dengan nama lain yaitu solar control film.

Selain berfungsi baik dalam menyerap cahaya matahari. Penggunaannya juga dapat memantulkan sinar ultraviolet dari matahari. Dengan demikian suhu udara di dalam mobil atau kabin pun tetap terasa sejuk.

2. Sebagai menunjang penampilan (artistik)

Dikenal pula dengan sebutan decorative film. Jenis ini memiliki fungsi yang benar-benar ditujukan untuk menambah nilai estetik dari kendaraan saja. Karena itulah penggunaannya pun dapat menjadikan kendaraan Anda terlihat lebih modis, trendy dan juga elegan.

3. Sebagai Pengaman

Sesuai dengan penggunaannya, kaca film yang satu ini juga dikenal dengan nama safety atau security film. Jika dilihat dari tampilan yang dimilikinya, jenis ini memiliki tingkat kegelapan hingga mencapai angka 90%.

Tingkat kegelapan tersebut bukan hanya menjamin kendaraan pengguna dari segi keamanan saja. Tetapi juga dapat membantu Anda dalam menjaga privasi dengan lebih baik.

Dengan menggunakan jenis yang satu ini. Orang yang berada di luar kendaraan tentunya tidak akan mengetahui aktivitas yang Anda lakukan di dalam mobil. Baik itu ketika mobil berada dalam keadaan gelap atau bahkan terang.

Selain itu, jenis kaca mobil ini juga dikenal sebagai pengaman. Karena keberadaannya yang dapat menahan pecahan kaca. Utamanya jika kaca kendaraan tersebut pecah dan mulai berhamburan.

4. Kaca film Mobil VLT

Kaca film VLY atau Visible Light Transmittance adalah jenis yang memungkinkan Anda untuk melihat ke arah luar kendaraan. Sedangkan dari arah luar kendaraan justru tidak dapat melihat ke bagian dalam kendaraan. Dengan kata lain, ia memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis pengaman di atas tadi.

Untuk fungsi itu sendiri, ia mulai hadir karena jenis tersebut yang memiliki sifat dalam meneruskan cahaya ke bagian dalam kabin. Jenis hadir dengan beberapa nilai presentase berbeda.

Seperti halnya para pengguna yang dianjurkan untuk membeli jenis VLT dengan nilai persentase rendah. Mengapa demikian? Karena presentase tersebut justru berbanding terbalik dengan tingkat kegelapan yang ditimbulkan.

Misalnya Anda memilih kaca film VLT dengan persentase 10%, maka tingkat kegelapannya pun dapat mencapai angka 80%. Sedangkan jika persentase VLTnya mencapai angka 70%, maka tingkat kegelapannya pun akan menurun menjadi 15%.

5. Kaca film UVR

Sesuai dengan nama yang dimilikinya yaitu kaca film UVR yang berarti Ultra Violet Rejection. Tentunya dapat dipastikan bahwa jenis yang satu ini pun difungsikan untuk menepis sinar UV yang berasal dari cahaya matahari.

Apakah Sama halnya dengan jenis VLT  ?

Sama halnya dengan jenis VLT di bagian atas. Kaca ini pun hadir dengan nilai persentase yang berbeda-beda. Hal tersebut bahkan dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan Anda. Namun untuk nilai persentasenya itu sendiri berbanding lurus dengan hasil yang diberikan.

Dalam hal ini, semakin tinggi persentase UVR yang dimilikinya. Tentunya akan semakin besar pula sinar UV yang akan ditepis olehnya. Selain itu, penggunaan jenis kaca ini juga tidak menjadikan warna jok dan juga dashboard memudar dengan mudah.

6. Kaca film IRR

IRR atau singkatan dari kata Infrared Reflectance or Rejected adalah jenis yang berfungsi dalam menangkal sinar matahari. Namun jika dilihat dari fungsi utama yang dimilikinya, jenis ini lebih ditujukan untuk menangkal sinar inframerah saja. Dengan kondisi sinar inframerah yang tidak masuk ke dalam kabin, tentunya mobil pun akan terasa lebih nyaman dan sejuk.

7. Kaca film TSER

Sama halnya dengan jenis UVR serta IRR. Untuk TSER itu sendiri memang ditujukan agar ia dapat menangkal sinar matahari yang datang ke bagian dalam kendaraan. Hal ini terbukti dari tidak adanya sinar yang masuk ke bagian dalam mobil.

Tidak hanya itu saja, untuk kemampuannya pun disesuaikan dengan jumlah persentase yang dimilikinya. Artinya, semakin tinggi persentase yang dimiliki, maka akan semakin besar pula efek yang ditunjukkannya.

Fungsi utama kaca film

Merujuk pada beberapa penjelasan mengenai jenis kaca film yang dilihat dari fungsinya. Tentunya ada beberapa fungsi utama dari penggunaan yang dapat Anda ketahui. Berikut penjelasannya :

  • Tingkatkan tampilan kendaraan

Untuk tampil berbeda dan sedikit bergaya. Tentunya Anda pun sempat memilih jenis kaca film kendaraan yang berbeda dari jenis pada umumnya.

Selain itu, penggunaan kaca jenis artistik juga dapat memberikan Anda nilai eksklusif yang membuatnya tampil berbeda. Sebagai pilihan jenis ini hadir dengan beberapa warna berbeda, termasuk dari tingkat kegelapan yang ditimbulkannya.

Dengan beberapa pilihan warna serta tingkat kegelapan tersebut. Tentunya Anda pun dapat memilih jenis yang paling tepat. Bahkan Anda juga dapat menyesuaikannya dengan tampilan dari kendaraan yang Anda miliki.

  • Perlindungan pengguna dari sinar UV

Berbicara mengenai fungsi, tentunya hal tersebut tidak pernah lepas dari perlindungan terhadap sinar matahari. Sementara itu, sinar matahari sendiri menghadirkan beberapa jenis paparan gelombang yang berbeda pula. Seperti halnya gelombang sinar infra merah juga ultra violet.

Dengan menggunakan jeni kaca yang tepat. Tentunya fungsi utama sebagai pelindung dari paparan sinar matahari pun dapat Anda rasakan dengan mudah. Bahkan penggunaan kendaraan pun akan terasa lebih nyaman dari sebelumnya.

  • Efisiensi energi

Fungsi lainnya yaitu sebagai pengatur untuk meningkatkan efisiensi energi. Karena dengan menggunakan kaca film cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin akan sedikit berkurang. Sehingga suhu udara di dalam mobil pun terasa lebih sejuk.

Berbeda halnya dangan kaca kendaraan yang tidak menggunakan kaca film. Tentunya dapat dipastikan suhu udara yang ada di dalam kendaraan pun akan terasa panas. Hal ini menyebabkan penggunaan pendingin dilakukan secara berlebih.

Selain menjadikan energi kendaraan yang terkuras habis. Bahan bakar yang dimilikinya pun akan ikut berkurang dengan lebih cepat pula.

  • Kurangi resiko kejahatan

Fungsi selanjutnya pada kendaraan Anda adalah sebagai penjaga atau untuk mengurangi resiko kejahatan. Pasalnya mereka yang memiliki nilai buruk pun tidak akan tahu dengan isi yang ada di dalam kendaraan tersebut. Sehingga mempersulit para pelaku untuk melakukan serangan atau kejahatan yang hendak diperbuat olehnya.

  • Menjaga privasi pengguna kendaraan

Selain beberapa fungsi yang ditunjukkannya pada bagian atas tadi. Penggunaan kaca film juga berfungsi baik dalam menjaga privasi Anda dan para pengguna lainnya.

Pasalnya setiap barang yang ada di dalam kendaraan Anda tidak akan terlihat dari arah luar. Hal ini juga berlaku untuk aktivitas yang Anda lakukan di dalamnya.

Pilihan kaca film ideal untuk setiap bagiannya

Dari penjelasan di bagian atas tadi. Dapat Anda lihat bahwa jenis serta fungsi sangatlah beragam dan juga bermanfaat.

Namun selain penjelasan tersebut ada pula penjelasan lainnya yang cukup penting untuk Anda perhatikan.

Penjelasan tersebut berkaitan dengan pilihan yang tepat untuk setiap bagian penggunaanya. Seperti halnya nilai persentase kaca film yang ditujukan untuk bagian depan kendaraan, belakang, samping dan lainnya.

Untuk penjelasan lebih lanjut, pastikan Anda simak uraian berikut ini :

  • Kaca film pengemudi

Maksud dari kaca film pengemudi ini adalah jenis yang disimpan di bagian samping pengemudi. Jenis yang sebaiknya digunakan adalah jenis kaca film yang tidak terlalu gelap.

Seperti halnya ketika Anda memasang kaca bagian depan dengan persentase sebanyak 20%. Tentunya untuk kaca yang ada di bagian samping pengemudi pun sebaiknya lebih terang dari jumlah presentase tersebut.

Mengapa demikian?

Pasalnya jika kaca bagian samping pengemudi jauh lebih gelap dari bagian kaca depan. Tentunya pengemudi pun akan membutuhkan waktu lama. Dalam melihat bayangan yang di tampilkan oleh kaca spion. Hal ini jelas cukup berbahaya, utamanya bagi Anda yang senang melakukan perjalanan.

  • Kaca film mobil untuk bagian depan mobil

Untuk bagian depan dari kaca mobil, memang akan lebih baik jika Anda menggunakan kaca film dengan persentase berukuran 20%. Hal ini berkaitan dengan tingkat kegelapan yang tidak terlalu gelap. Akan tetapi, jika Anda merasa tingkat kegelapan yang di timbulkannya masih kurang.

Kaca film dengan persentase antara 20% hingga 40% saja

Tentunya Anda dapat memilih jenis kaca dengan persentase antara 20% hingga 40% saja. Kemudian pastikan untuk tidak melebihi angka 40% tersebut. Karena meskipun jenisnya hadir dengan kegelapan yang cukup baik, sehingga menjadikan bagian dalam mobil terasa sejuk.

Namun hal tersebut cukup berbahaya bagi Anda yang terbiasa melakukan perjalanan dalam jarak jauh.Pasalnya Anda tidak tahu dengan kondisi udara di lingkungan sekitar selama perjalanan. Kemudian apabila mendung dan udara di sekitar menjadi gelap. Tentunya jarak pandang yang Anda miliki pun akan semakin sempit pula.

  • Kaca film mobil untuk bagian belakang mobil

Untuk pemasangan kaca film dari bagian belakang kendaraan berkaitan dengan penggunaan rayben mode pada bagian spion. Dengan kata lain, jika spion Anda telah di lengkapi bagian tersebut. Tentunya Anda dapat memasang kaca mobil dengan persentase 20% hingga 40% saja.

Akan tetapi, jika bagian spion mobil tidak di lengkapi dengan rayben mode tersebut. Tentunya Anda pun dapat memiliki kaca dengan persentase lebih tinggi yaitu 60%.

Hal tersebut di lakukan untuk menghindari pantulan sinar dari mobil yang ada di bagkan belakang.Kemudian pastikan pula untuk tidak menggunakan presentase kegelapan sebanyak 80%. Pasalnya hal tersebut hanya akan menyulitkan Anda saat berjalan mundur ke arah belakang.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai informasi dasar seputar kaca film kendaraan. Untuk order bisa cek di tokopedia, lazada , shopee. Atau langsung ke website produsen kaca film v-kool.

Tag : , , , , , , , ,

Kalo ada tanggapannya silahkan di komentar ya.. !

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *